Tuesday 29 October 2013

Membakar Kalori dengan Seks


Sebuah penelitian mengungkapkan, seks merupakan olahraga yang lebih baik ketimbang jalan.
Pada penelitian itu, pria muda yang melakukan seks rata-rata membakar 4,2 kalori per menitnya dan 3,1 kalori per menit untuk wanita. Dengan kata lain, seks merupakan latihan yang lebih baik ketimbang jalan, tapi tak cukup baik seperti jogging.
Hasil ini menunjukkan bahwa aktivitas fisik potensial dipertimbangkan, pada waktunya bisa menjadi latihan yang signifikan, tulis para peneliti seperti dikutip LiveScience,

Topik seks seperti olahraga memang menjadi perdebatan panjang. Sebuah mitos populer menyatakan, sesi seks bisa membakar antara 100 dan 300 kalori, tapi tak ada yang pernah mengukurnya langsung kalori yang terbakar.
Dua orang yang merupakan pasangan secara berani melakukan hubungan seks untuk ilmu pengetahuan. Dan peneliti seks yang terkenal William Masters and Virginia Johnson mengamati pasangan yang berhubungan seks serta mencatat detak jantungnya. Rata-rata mencapau 180 denyut per menit.
Sebagai perbandingan seorang berusia 50 tahun melakukan latihan sedang dengan denyut 85 dan 119 denyut per menit.
Pada penelitian kali ini yang diterbitkan di jurnal PLoS ONE, sesi seks yang direkam rata-rata berlangsung selama 24,7 menit. Waktu terpendek 10 menit dan terlama 57 menit.

Pria yang sibuk beraktivitas tentu yang mengeluarkan lebih banyak energi dibanding wanita. Rata-rata hubungan seks membuat pria membakar 101 kalori atau 4,2 kalori per menit, dibandingkan dengan 276 kalori atau 9,2 per menit jika menggunakan treadmill.
Sementara wanita mengeluarkan sekitar 69 kalori selama sesi seks atau rata-rata 3,1 kalori per menit. Sekali lagi, jumlahnya tak setinggi sesi berkeringat menggunakan treadmill, yang rata-rata membakar 213 kalori atau 7,1 per menit.
Peneliti mengatakan, seks bisa menjadi cara yang lebih baik untuk membakar kalori dibanding pekerjaan rumah tangga, meski penelitian lebih lanjut dibutuhkan.

 Sumber : Livesciece.

No comments:

Post a Comment