Sunday 30 June 2013

Cara Format Hardisk External Lewat DOS

Berawal dari rasa ingin tahu, maka saya mencoba mencari Bagaimana caranya mem format hardisk external lewat DOS di mbah google. setelah beberapa menit mencari mengenai informasi tersebut akhirnya saya menemukan dari berbagai sumber yang falid dan dipercaya. hingga akhirnya saya melakukan cara tersebut.
Dikarenakan cara tersebut berjalan baik , maka saya berniat untuk mencopasnya,. loL, dengan tujuan untuk berbagi ilmu dengan teman-teman yang lain.
Saya pikir tidak ada salahnya berbagi sekalipun ilmu curian.hehehehe..
Okay langsung ajja !!

Berikut ini cara mudah format hardisk external lewat DOS (Pada tutorial ini saya mengguanakan Windows 7 sebagai sistem operasinya):
  • Siapkan hardisk external yang akan diformat. Pastikan pada hardisk tersebut sudah tidak ada data penting karena proses format hardisk akan menghapus semua data yang ada di dalam hardisk.
  • Nyalakan komputer/laptop anda.
  • Setelah sistem Windows menyala, pasang hardisk anda melalui port dari hardisk anda (Bisa USB atau eSATA, tergantung dari jenis hardisk anda).
  • Ketika sudah terdeteksi, coba lihat di drive mana hardisk anda terdeteksi. Di contoh ini hardisk terdeteksi di drive G.
  • Buka commad prompt Administrator dengan cara klik tombol Start, ketik CMD, pilih CMD, klik kanan dan pilih Run ad Administrator.
  • Setelah jendela CMD terbuka, ketik format g: /q (Proses ini akan menformat hardisk pada drive G dengan cepat).
  • Jika ditanyakan apakah device yang mau diformat sudah siap, tekan tombol Enter.
  • Masukkan volume label dari hardisk anda. Volume label di sini adalah nama yang akan digunakan oleh hardisk anda sebagai identifikasi dari hardisk tersebut. Masukkan sesuai keinginan anda.
  • Jika sudah selesai, anda akan mendapati Command Prompt kembali dengan kursor dan siap akan masukkan perintah.
Selesai sudah, dengan begini anda bisa memformat hardisk dengan menggunakan Command Prompt. Selain untuk hardisk, trik ini juga bisa digunakan untuk format semua device termasuk flash disk. Yang perlu diingat, anda harus berhati-hati dengan perintah ini dan jangan pernah salah memilih drive. Jika salah, data anda kan lenyap karena tidak segaja terformat.
Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda ketika ingin melakukan Cara Format Hardisk External Lewat DOS, flash disk dan media penyimpanan lainnya.

No comments:

Post a Comment