Friday 21 June 2013

Lelaki mandul lebih rentan kena kanker.


Sebuah penelitian menyebutkan bahwa pria mandul berisiko delapan kali lipat lebih tinggi terkena kanker daripada mereka yang subur.


Lebih tepatnya, peneliti menjelaskan bahwa kondisi azoospermic - mandul karena tak bisa memproduksi sperma sama sekali - yang diderita pria sebelum berusia 30 tahun membuat mereka rentan terserang kanker.
Bahkan risiko kanker yang bisa menyerang para pria mandul bukan jenis kanker reproduksi saja, melainkan kanker lambung dan juga leukemia.

Berdasarkan data yang dihimpun peneliti dari Stanford University School of Medicine, ada sekitar 15 persen pria berusia 15-45 tahun yang didiagnosis mandul. Peneliti pun menyatakan bahwa kemandulan bisa dijadikan salah satu barometer untuk mengukur standar kesehatan pria.

"Sebelumnya juga ada penelitian yang mengaitkan kemandulan dengan risiko kanker testis.
 Tetapi ternyata pria mandul juga berisiko terkena jenis kanker lain di luar masalah reproduksi," terang Dr Michael Eisenberg.

Sebagaimana dilansir dari Daily Mail, azoospermic sendiri bisa muncul karena dua alasan. Pertama, adanya penyumbatan yang membuat pria gagal mengalami ejakulasi dan yang kedua adalah kegagalan testis untuk memproduksi sperma sehingga pria sama sekali tidak mampu mengeluarkannya.

sumber : Daily Mail /Merdeka.

No comments:

Post a Comment